MEMILIH PRODUK KECANTIKAN YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

by - Agustus 19, 2021

Merawat dan menginginkan kulit bersih dan cantik adalah impian hampir semua perempuan. Kita akan melakukan berbagai cara untuk merawat dan membuat kulit baik tubuh maupun wajah untuk tetap terhidrasi dan glowing tentunya.  Namun ada sebuah kondisi ketika hamil, kita tidak bisa dengan leluasa menggunakan semua produk kecantikan yang tersedia dipasaran. Sebab, 60% kandungan di dalam produk kecantikan tersebut bisa meresap ke kulit. Alhasil, jika kandungannya meresap dan terbawa oleh aliran darah kita, akan mengakibatkan dampak tertentu pada janin. Namun jangan khawatir, mom tetap bisa menggunakan produk perawatn kulit untuk menjaga kulit agar tetap cantik. Tentunya dengan memperhatikan kandungan-kandungan yang terdapat di dalam kosmetik/skincare yang moms gunakan selama hamil. 
Ada beberapa kandungan zat kimia yang harus moms ketahui efek sampingnya jika moms selama hamil tetap rutin menggunakannya. Jika dari beberapa produk kecantikan moms memiliki beberapa bahan kimia ini, moms harus berkonsultasi dengan dokter kandungan dahulu ya untuk pemakaiannya selama hamil. 

Berikut kandungan zat kimia yang tidak disarankan untuk digunakan ibu hamil :
1. Paraben
Paraben umumnya digunakan sebagai bahan pengawet dalam alas bedak atau lipstik untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Paraben terdiri dari beragam jenis ikatan karbon, seperti propylparaben, butylparaben, isopropylparaben, dan methylparabens dalam komposisi produk kosmetik.

Menurut situs Alodokter, sebuah studi menyebutkan bahwa paparan paraben pada ibu hamil dikaitkan dengan gangguan perkembangan tubuh secara menyeluruh, sistem reproduksi, neurologis, hingga kekebalan tubuh bayi. 

2. Retinol
Sebagai seorang yang selalu dekat dengan dunia kosmetik, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Yap, Retinol kandungan zat kimia dalam produk-produk kecantikan. Biasanya terdapat pada alas bedak dan lipstik, ada juga yang berupa serum. Fungsi retinol ini sendiri adalah untuk mencegah penuaan. Dalam kemasan produk, retinol juga bisa ditemukan dengan nama retinyl palmitateretinyl acetateretinoic acid dan tretinoin. Nah, Jika moms yang sedang hamil menemukan kandungan ini di dalam produk kecantikan moms, sebaiknya moms ganti dahulu ya dengan produk lain. Karena jika retinol ini ikut masuk ke dalam darah secara berlebih berisiko menyebabkan keguguran serta kelainan kongenital/kelainan bawaan pada bayi dalam kandungan.

3. Timbal 
Kandungan timbal ini biasanya terdapat pada lipstik, sebab kegunaannya untuk memberikan warna pada lipstik. Nah, Jika moms sedang hamil, lebih baik pilihlah lipstik yang menggunakan 100% pewarna alami bukan buatan agar terhindar dari paparan timbal. Konsumsi timbal secara berlebih pada ibu hamil bisa menyebabkan gangguan sistem hormon dan syaraf pada janin. 

4. Diazolidinyl Urea 
Diazolidinyl Urea  ini digunakan sebagai pengawet produk kecantikan. Biasanya sering digunakan pada maskara. Untuk ibu hamil, disarankan untuk menggunakan maskara yang terbuat dari 100% bahan tanaman karena paparan zat ini dapat menyebabkan kelahiran prematur dan juga kelainan bawaan pada bayi dalam kandungan. 

5. Phthalate
Phthalate banyak dikunjungi di dalam produk hair spray dan cat kuku. Pada produk hair spray, phthalate bisa juga dikenali dalam nama dimethylphthalate (DMP). Sedangkan pada produk cat kuku, senyawa ini bisa dikenali dalam nama dibutylphthalate (DBP). Jika ibu hamil terkena paparan zat ini secara berlebih dapat berpotensi menyebabkan kecacatan pada sistem reproduksi bayi, terutama bayi laki-laki. Sehingga dianjurkan pada ibu hamil untuk menggunakan hair spray dan cat kuku yang tidak mengandung zat kimia ini. 

6. Oxybenzone
Oxybenzone umumnya sering ditemukan dalam produk tabir surya karena manfaatnya untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Paparan terhadap bahan ini selama kehamilan dapat mengganggu keseimbangan hormon kehamilan dan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan permanen pada janin serta ibu hamil.

Sebagai gantinya, moms yang sedang hamil dapat memilih tabir surya yang mengandung seng oksida (zinc oxide) dan titanium dioksida yang masih dianggap aman untuk ibu hamil.

Nah moms, itu tadi beberapa zat kimia di dalam produk kecantikan yang berbahaya jika terpapar pada Ibu hamil. Selanjutnya, moms harus lebih selektif lagi ya memilih dan membaca kandungan produk kecantikan yang moms gunakan selama hamil. Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu jika memang harus menggunakannya. 

Semoga bermanfaat ya moms . 

You May Also Like

4 komentar

  1. Terimakasih infonya momm❤️om❤️ selama hamil kemaren bingung cai produk yg bagus buat bumil ..

    BalasHapus
  2. Terima kasih sharingnya mom, jadi menambah pengetahuan

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya mom, aku br tau loh soal ini. hehe jd ada ilmu baru deh

    BalasHapus
  4. Wahh.. rekomen buat bumil yaa.. makasi mom next buat amak kdua bisa nih hehe

    BalasHapus