Pentingnya Mengenal Gerak Semu Matahari

by - Februari 01, 2022

Sudah lama nih ga membahas tentang science.  Untuk selingan bacaan, kali ini aku mau bahas tentang Gerak Semu Matahari. 

Suatu hari, aku mau menjemur pakaian.Karena posisi jemuranku menghadap ke utara berdasarkan pengamatan selama tinggal di rumahku yang sekarang ini. Melalui pengamatan sederhana, aku selalu melihat matahari bergerak dari timur ke utara lalu tenggelam di barat. 

Nah kemudian selama bulan oktober sampai dengan sekarang januari, posisi gerak matahari saat tenggelam, tidak melalui utara melainkan selatan. Otomatis aku harus memindahkan posisi jemuranku agar pakaianku cepat kering karena mendapatkan sinar matahari yang cukup. 
Jangan langsung ketakutan yaa jika melihat arah posisi matahari berubah. Selama bukan terbit dari barat, insyaallah kita masih belum kiamat. 

Karena, posisi gerak matahari yang semula dari timur bergerak ke utara lalu tenggelam di barat berubah menjadi terbit dari timur bergerak ke selatan itu dinamakan Gerak Semu Tahunan Matahari. 
Gerak Semu Tahunan Matahari ini bisa terjadi dikarenakan posisi bumi yang miring sejauh 23,5°.

Gerakan semu tahunan Matahari membuat posisi Matahari berubah-ubah. Terkadang Matahari berada di utara, terkadang berada di selatan. Jarang sekali Bumi tepat berada di garis khatulistiwa.

Nah akibat adanya gerak semu tahunan matahari, bumi disetiap lokasinya memiliki macam-macam musim. Ada yang terdiri dari 2 musim, ada juga yg memilik 4 musim. 

Pada saat matahari seolah bergerak ke arah utara, maka belahan bumi di utara tentu akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak yang mengakibatkan munculnya musim semi atau musim panas di utara.

Sedangkan bagian bumi sebelah selatan akan kekurangan sinar matahari sehingga munculah musim gugur ataupun musim dingin di belahan bumi selatan. Begitu pula dengan sebaliknya, jika matahari seolah bergerak ke selatan bumi, maka bagian selatan bumilah yang akan mendapat banyak sinar matahari dan bagian utara tidak mendapat sinar yang cukup.

Sama halnya dengan negara-negara di belahan bumi utara dan selatan, negara yang berada di kawasan tropis juga akan mengalami pergantian musim akibat gerak semu tahunan matahari. Namun bedanya negara beriklim tropis tentu tidak mengalami 4 musim, melainkan hanya memiliki 2 musim akibat adanya pengaruh dari angin muson akibat revolusi bumi. 

Untuk saat ini, negara kita Indonesia sedang mengalami cuaca ekstrem saat pagi sampai siang panas terik, lalu sore hari hujan deras. Hal tersebut selain bisa berdampak dengan kesehatah tubuh juga memberi dampak pada kesehatan kulit kita. 
Berikut, tipsnya untuk tetap menjaga kesehatan kulit kita di tengah paparan sinar matahari yang tak menentu selama cuaca ekstrem ini :
  1. Wajib memakai sunscreen yang mengandung SPF saat beraktivitas, baik di dalam ataupun di luar ruangan dan tetap memakai masker. 
  2. 2. Hindari berada langsung di bawah sinar matahari siang yang menyengat.
  3. 3. Selalu ulangi penggunaan sunscreen setiap 2-3 jam sekali.
Semiga Bermanfaat ya.. Stay Safe and Healthy ya
 ☺☺



You May Also Like

0 komentar