Mindtera: Aplikasi Edutech Multiple Intelligence Pertama di Indonesia, 5 Menit Kelola Hidup Lebih Baik

by - Oktober 08, 2021

“Kamu pasti tidak mau mengikuti pola asuh ayah yang biasa mendidik dengan keras. Lalu bagaimana cara kamu untuk mengubahnya? apakah dengan kamu diam saja menghadapi kondisi emosional anak? kamu hanya menahan terus menahan lalu kemudian emosimu sendiri akan bertumpuk-tumpuk hingga akhirnya meledak di kemudian hari?”



Kutipan kalimat Tita Ardiati dalam sesi kelas “Menjadi Authentic Parents” pada Aplikasi Mindtera membuat aku berdecak kagum di dalam hati sekaligus menyadari bahwa sebagai seorang ibu, aku masih harus belajar mengelola dan mengembangkan diri terutama dalam kecerdasaan emosional.

Mindtera Aplikasi Edukasi Pengembangan Multiple Intelligence atau merupakan Platform edukasi untuk belajar kecerdasan emosi, sosial, fisik dan pengembangan diri seputar keluarga, cinta dan kerja. Awalnya, aku melihat aplikasi ini dari salah satu postingan di media sosial yang mengajak followers-nya untuk mengikuti dan mengenal Aplikasi pengembangan Multiple Intelligence. 

Singkat cerita pada saat itu, sekitar pukul 08.30 pagi, anakku menangis karena tantrum. Aku bujuk rayu dia, lalu ku gendong sambil ku alihkan dengan melihat lingkungan sekitar. , Tangisnya-pun berhenti sejenak namun kemudian menangis lagi. Karena tangisannya tidak berhenti juga akhirnya tanpa sadar aku membentaknya untuk diam. Anakku kemudian terdiam beberapa saat karena sepertinya ia terkejut dengan intonasi suaraku yang tinggi.

Segera aku bergegas untuk menyusuinya sebelum tangisannya mengulang kembali. Saat melihat wajahnya yang tak berdosa itu, terbesit rasa bersalah dalam hatiku. Ada kebingungan dalam pikiranku mengenai perasaan kesal dalam hatiku saat mendengar anakku menangis. Mungkin, apa yang aku lakukan itu merupakan imbas dari resiko pekerjaanku saat ini, yaitu menjadi freelancer sambil mengasuh anak.

Emosiku menjadi sulit dikontrol dan kadang membludak begitu saja. Pola kerjaku yang hanya dilakukan pada saat malam hari hingga larut malam dan akhirnya membuat kualitas tidurku pun buruk. Untungnya saat itu aku menemukan salah satu postingan di media sosial  yang mengajak followers-nya untuk mengikuti kegiatan gathering tentang pengenalan  aplikasi yang dapat mengembangkan multiple intelligence yaitu "MINDTERA"

Tak perlu berfikir panjang, aku langsung mendaftarkan diri dan mengikuti kegiatan gathering yang diadakan oleh Mindtera. Acara gathering yang dipandu oleh mbak Niken dan narasumbernya saat itu kak Devi Chan yang merupakan salah satu fasilitator Mindtera. Acara tersebut berjalan dengan seru dan menarik sekali sehingga semakin membuat aku ingin segera mendownload aplikasi ini. Selama gathering berlangsung, akupun bergegas mendownload MINDTERA.

Sekilas Tentang Mindtera

 Seperti yang sudah aku jelaskan sedikit di awal, aplikasi Mindtera ini merupakan aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligence pertama di Indonesia. Program yang disajikan berjenjang tidak lebih dari 5 menit sehari dan dibawakan oleh fasilitator dan thinkfluencer professional dan berpengalaman. Saat membuka aplikasi ini, akan muncul tampilan logo MIndtera lalu kita dialihkan ke halaman pendaftaran akun dengan beberapa data yang harus diisi mulai dari, 

💜 Nama, 

💜 alamat email, 

💜 kata sandi , dan 

💜 konfirmasi ulang kata sandi. 

💜 Lalu ada email masuk untuk diverifikasi.

Setelah selesai mendaftar, pada halaman awal akan muncul tampilan menu “ Hari ini” yaitu tampilan pilihan program yang kita ikuti pada hari ini.

Selanjutnya disamping tulisan menu “Hari ini”, ada tampilan menu katalog yang berisi semua program yang ditawarkan oleh Mindtera. Mulai dari kategori kerja, cinta, keluarga, fitness dan self mastery. Pengkategorian yang disajikan di dalam aplikasi Mindtera ini membuat kita lebih mudah untuk memilah milih kondisi mana yang sedang kita hadapi saat ini, sehingga nantinya kita bisa menemukan kelas yang cocok untuk mengatasi permasalahan yang sedang kita alami. 

Beberapa Program yang tersedia dalam kategori kerja antara lain, Seni Berbicara Tanpa Persiapan, Burnout di Pekerjaan, Menulis Disini Kini, dan lain-lain. Pada kategori cinta ada program Rasa Bersalah dalam Hubungan Romantis, Segitiga Cinta, dan lain – lain. Pada Kategori Keluarga terdapat program, Berkelana Bersama Duka , Menghadapi Sibling Rivalry, dan lain-lain lalu unrtuk kategori fitness menyajikan program seputar latih gerak melepas rasa takut, latih gerak melepas emosi marah, dll . Terakhir, ada kategori Self Mastery salah satu kategoriku favoriku karena berisi program seputar mengelola emosi, sosial dll.

5 Menit Bersama Mindtera, Menjawab Permasalahanku



Aplikasi ini benar-benar menjawab permasalahanku selama ini. Sering kali kita sebagai orang tua baru, sulit mengontrol emosi dan sulit menentukan pola asuh yang pas untuk mendidik anak. Saat awal menggunakan aplikasi ini,mataku langsung tertuju pada kategori keluarga. Setelah melihat - lihat topik yang disajikan,aku memilih topik “Menjadi Authentic Parents” yang difasilitatori oleh Tita Ardiati karena relevan dengan kondisiku saat ini. 

Di Awal kelas ini, sebelum kita masuk ke dalam materi.Kita diajak untuk melatih nafas terlebih dahulu yang dinamakan dengan “Sesi Jeda”. Sesi ini berupa mengatur nafas (inhale dan exhale) yang akan diarahkan oleh pengisi suara. 

Tak ketinggalan ada backsound lembut dan menenangkan mengiringi sesi jeda ini. Pada sesi yang berlangsung selama 1 menit ini, pikiranku yang awalnya ruwet dan mumet, seketika aku merasa nyaman mendengarkan backsound instrumennya yang lembut. Kalimat dan intonasi yang disampaikan oleh pengisi suaranya pun pas, membuat kita terbawa dalam keadaan yang benar-benar rileks. 

Selanjutnya, kita diarahkan pada pertanyaan tentang "ingatkah kita momen yang terjadi di saat kita umur 0-3 tahun?". Setelah menjawab Tidak Ingat atau samar-samar, barulah kita disajikan materi mengenai “Masa Kecil Sebagai Akar Pola Asuh” . Di dalam materi ini, kita diajak untuk mengembalikan kembali memori-memori yang terjadi saat kita masih di usia 0-3 tahun. 

Yang aku suka dalam penyampaian materi ini, Fasilitator Tita Ardiati menyampaikannya dengan kalimat yang mudah dipahami dan mudah diimajinasikan di dalam pikiran, sehingga apa yang ia sampaikan, mampu direspon dengan baik oleh pikiranku saat itu. Step by step-nya mampu aku nikmati hingga aku bisa medapatkan hasil seperti yang dikatakan oleh beliau yaitu sedikit demi sedikit mengingat kejadian masa laluku di usia 3 tahun,

 “Momen dimasa lalu kita itu, berada pada ingatan alam bawah sadar kita, dan untuk mengembalikan momen saat kita berusia 3 tahun itu seperti membongkar benang kusut. Step by step kita bongkar benangnya melalui ikatan yang paling atas, dengan begitu pelan-pelan kita bisa mengingat kembali. Lalu, cara untuk membongkarnya yaitu dengan mengenali bagaimana perasaanmu ketika menghadapi emosi anakmu saat ini, apakah marah, sedih dll seperti itulah respon yang kamu terima pada saat itu.” 

 Saat aku mulai kembali mengingat sedikit demi sedikit momen-momen yang aku lalui diusia 3 tahun. Aku mulai merasakan dan mengenali rasa yang aku alami saat aku melakukan kesalahan kepada kedua orangtuaku semasa kecil dulu. Rasa itu berupa rasa takut karena akan dihukum oleh kedua orangtuaku. 

Sehingga, ketika aku hendak marah kepada anakku. Aku harus merasakan rasa takut agar aku bisa mengendalikan amarahku, bukan menahannya. 

Wow, hanya dalam 5 menit pertama saja aku sudah bisa mengenali emosiku dan mencari tahu penyebabnya dari mana ketidakdtabilan emosiku itu. 


Lanjut ke sesi favorit, sesi Rehat dan Hening menjadi sesi kelas favoritku. Karena aku bisa merasakan rileks dan nyaman setiap kali mengikuti arahan dari pengisi suara yang pas intonasinya dan tentunya backsoundnya aku suka. Setelah merasakan manfaat positif dari aplikasi Mindtera ini, reviewku untuk aplikasi ini sejauh yang aku rasakan adalah 4,8/5, sangat direkomendasikan. 

Kalian harus mecoba sendiri Mindtera ini, sebab apa yang disajikan di setiap kelasnya membuat aku jauh lebih baik lagi dalam mengembangkan emosiku, dan tentunya sangat direkomendasikan untuk digunakan di Indonesia karena dengan keadaan seperti pandemik saat ini pasti banyak orang yang membutuhkan sesi mengelola pikiran dan emosional. Pikiran dan emosional yang sehat juga dapat memperkuat imunitas tubuh loh. Selain itu, ada beberapa poin penting lagi yang membuat aku merekomendasikan aplikasi ini kepada kalian semua, yaitu

 Programnya Berjenjang, hanya butuh 5 menit Sehari. 

Program yang ditawarkan Mindtera ini berjenjang. Setiap sesi kelasnya disajikan tidak lebih dari 5 menit sehari. Sehingga kita bisa memperdalam makna dalam setiap materi yang dibawakan. Dan lebih mudah untuk diingat tentunya karena materinya disampaikan step by step, tidak membebankan pikiran. Selain itu bagi kamu yang ga punya banyak kuota, jangan takut kehabisan kuota ya, karena durasinya singkat dan menyenangkan. 

 Fasilitator dan Thinkfluencer Profesional dan Berpengalaman.


Ada beberapa fasilitator profesional seperti Maeya Zee, Devi Chan, Ryu Deka, Felicia Clara dan masih banyak lagi, yang mengisi materi di Mindtera ini. Terbukti dari cara penyampaiannya yang menarik, tidak membosankan dan mengikuti step by step tahapan yang akan dicapai dalam satu sesi. Materinya, jelas, berbobot namun tidak membingungkan/membebankan dan setiap sesinya memberikan solusi bagi permasalahan kita. 

Easy Friendly,  Kualitas Video yang disajikan Full HD, Pemilihan warna dan font tulisan menarik, Backsound yang dipilih disetiap sesinya juga pas dan tidak membosankan. 

Aplikasi ini mudah digunakan (Easy Friendly) karena dilengkapi kalimat-kalimat petunjuk setiap akan memasuki sesi-sesinya. Dan pastinya bisa digunakan dimanapun, kapanpun untuk mengelola hidup lebih baik secara berkesadaran. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Gunakan aplikasi ini di tempat yang nyaman dan tenang, agar kamu bisa benar-benar mengikuti materinya dengan baik. 

  Kelola Emosimu dan Pikiranmu Secara Berkesadar. 

Pasti banyak sekali di luar sana orang-orang yang lelah, bosan, stress dengan apa yang dihadapi saat ini, keterbatasan kondisi dan waktu dari semua orang untuk berkonsultasi secara pribadi dengan psikolog membuat kita enggan mengembangkan diri dan pikiran kita. Padahal kondisi emosional kita yang terkadang sulit dikontrol apalagi jika sudah dalam kondisi stress bahkan “Burn Out”.

Dengan Mindtera #SemuaBisaDikelola berbagai permasalahan pikiran yang sedang kamu hadapi. Mindtera juga dapat menjadi jembatan bagi orang yang ingin mengembangkan dan mengelola pikiran, emosional juga multiple intelligence-nya secara berkesadaran. Agar kita bisa membuat hidup jadi lebih baik.

Semoga bermanfaat ya sekilas review aplikasi Mindtera dari saya, Jangan Lupa, 5 Menit Kelola Hidup Lebih Baik #SemuaBisaDikelola bersama Mindtera. Aplikasi Mindtera ini dapat di download di Link berikut:

Download di IOS atau Android  atau bisa kunjungi www.mindtera.com 

Instagram: @mindtera.id, 

Facebook : Mindtera, 

Twitter : @mindteraID

You May Also Like

6 komentar

  1. Waaah aku baru tau aada aplikasi mindteraID 😍 bisa berbagi permasalahan pikiran kita..makasih mom infonya

    BalasHapus
  2. Keren yaa mom aplikasinya, nanti mau download juga ahh. Thankyou infonya mom 😍

    BalasHapus
  3. waah, kece banvet nih aplikasi. br tau deh. free gk mom setiap kelasnya?

    BalasHapus
  4. Bagus banget ini. Bisa digunakan segala aspek ya ga hanya parenting 😍

    BalasHapus
  5. Apliksi yg rekomen buat sgala pmslahan nih.. Bolrhd coba

    BalasHapus
  6. Aku baru tau Mom. Makasih infonya ya. Pengen nyoba juga

    BalasHapus