Tanda Daya Tahan Tubuh Si Kecil Menurun dan Cara Mengatasinya

by - Juli 13, 2021

Moms, pernah gak si kecil mengalami sakit yang berulang-ulang? Atau si kecil mulai terserang diare selama beberapa hari? Kalau udah begitu biasanya tindakan yang moms lakukan pertama kali apa ya? 

Nah.. Kalo si kecil udah mulai sakit yang sama selama berulang-ulang, baik dalam jeda yang sebentar atau lama.. Atau gampang sekali tertular penyakit. Bisa jadi nih moms pertanda daya tahan tubuhnya menurun. Kalo imunnya terus menurun tentunya akan sangat berbahaya ya moms untuk kesehatan si kecil. Maka dari itu, penting sekali kita sebagai orangtua terus menambah wawasan tentang dunia kesehatan dalam rangka menjaga kesehatan tubuh keluarga kita ya moms terutama untuk si kecil juga. 

Daya tahan tubuh si kecil adalah komponen penting yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Sedangkan daya tahan tubuh yang baik adalah ketika respon imunitas tubuh yang sanggup melawan infeksi bakteri atau virus yang masuk ke tubuh si Kecil dan menghancurkannya. 

Ini beberapa tanda daya tahan tubuh si kecil menurun :

✓ Rentan terjangkit penyakit
✓ Kondisi sakit atau infeksi yang berulang
✓ Kondisi sakit yang lama sembuh dan sulit diobati.


Beberapa dampak jika daya tahan tubuh si kecil menurun, yaitu: diare, pilek, infeksi sinus, radang paru, dll.



CARA MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH SI KECIL

1. Berikan nutrisi yang tepat : ASI Eksklusif selama 6 bulan dilanjutkan sampai 2 tahun, dan selalu perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh si Kecil baik makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) maupun mikronutrien (vitamin, mineral). Nutrisi sangat penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Konsumsi sumber-sumber prebiotik, probiotik, dan sinbiotik akan membantu menjaga  keseimbangan mikrobiota saluran pencernaan. Sumber2 prebiotik, probiotik dan sinbiotik tersebut turut mendukung daya tahan tubuh si Kecil dan bahan² ini dapat ditemukan dalam kandungan ASI, bahan - bahan ini dapat juga ditambahkan  ke MPASI si kecil misalnya yogurt, tempe,keju (probiotik) dan bawang putih,bawang Bombay, pisang (prebiotik).

2. Aktivitas yang cukup: aktivitas minimal 60 menit/ hari disesuaikan dengan usia,jenis kelamin, dan tahap perkembangan fisik.

3. Istirahat yang cukup : tidur yang cukup, sesuai jadwal yang teratur, dan tidak terlalu malam. 

Menurunnya daya tahan tubuh sebagian besar disebabkan karena asupan nutrisi yang tidak mencukupi. Tetap jaga daya tahan tubuh si kecil agar pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. 



sumber: Expert Kulwap Nutriclub, Kenali Tanda - Tanda Daya Tahan Tubuh Si Kecil Menurun dan Cara Mengatasinya. 

You May Also Like

4 komentar

  1. Pass bgt artikel ttg daya tahan tubuh pas pandemi gini. Makasi mom

    BalasHapus
  2. Tambahan vitamin apa ya mom utk menjaga imun tubuh si kecil saat pandemi gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku pribadi mom, dibanyakin makan sayur dan buah aja buat audia.. Terus sama madu. Dah itu aja

      Hapus