BERDAYA DARI RUMAH , PRODUKTIF DARI RUMAH

by - Juni 18, 2021


Siapa sih disini yang masih di rumah aja ? 
Ketika kita di rumah aja baik karena tuntunan sebagai Ibu maupun di rumah karena situasi pandemi yang menuntut gak bisa bebas keluar rumah, tentunya ada ya rasa kebosanan. 
Apalagi pilihan untuk menjadi Ibu Rumah Tangga, yang dulunya Working Mom.. Karena pilihan dan kemauan sendiri memutuskan untuk di rumah saja fokus mendidik anak-anak tentu bukan hal yang mudah. Saya sendiri merasakan betapa drastisnya kondisinya. Biasanya kita ada kesibukan di luar rumah, mau beli apa saja bisa, karena punya uang sendiri. Tapi sekarang untuk keluar rumah saja rasanya mikir-mikir yaa kepentingannya untuk apa, dan mau belanja ini itu juga lebih dibatasi karena satu dan lain hal. 

Banyak juga cara yang saya lakukan untuk mengatasi kejenuhan di rumah saja. Salah satunya berjualan. Namun karena effort dan lingkungan sosial yang masih terbatas akhirnya mandek juga saya berjualan  gak berasa untungnya, modal habis gitu aja. 

Kurang lebih 1 tahun saya bener-bener stuck, gak produktif sama sekali, mikirin apa yang bisa saya kerjakan sambil tetap mengasuh anak. Saya tidak pandai memasak, mungkin kalo saya pandai memasak, saya bisa berjualan makanan online. Tapi sayangnya saya gak bisa. Kemudian mau buka usaha mitra gitu saya gak punya uang karena modalnya lumayan besar. Setiap hari saya bertanya-tanya, apa sih keahlian saya selain mengajar? Apa sih kemampuan saya yang bisa dikembangkan? 

Kemudian iseng-iseng saya membuka-buka blog saya ini sudah lama sekali saya tinggalkan, karena ada komentar pembaca yang sangat senang mendapatkan info melalui tulisan saya, membuat saya semangat untuk kembali menulis. 
Lalu saya mulai kembali menulis. Menulis apa saja yang saya baca dan saya pahami. 

Lalu sambil saya menshare tulisan-tulisan saya di sosmed saya melihat temen-temen yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai freelancer . 

Dia mengenalkan dan mengajari saya untuk menjadi freelancer. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan job pertama dengan fee yang cukup besar bagi saya saat itu yang tidak bekerja. . Dari sana juga saya dikenalkan dengan komunitas-komunitas temen2 sesama freelancer yang lain dan saya mendapatkan cukup banyak jalan untuk kembali berkarya, sekaligus produktif (berpenghasilan sendiri) tanpa harus keluar rumah dan tetap bisa sambil mengasuh anak. 

Nah moms, untuk apa saya membagikan cerita pengalaman saya ini? 
Saya ingin memotivasi kepada semua, bahwa dengan di rumah saja bukan berati kita tidak bisa menghasilkan apa-apa. Bukan berarti kita tidak bisa berpenghasilan. Ataupun tidak bisa menjadi seseorang yang berprestasi. Dari temen-temen sesama komunitaspun banyak juga Ibu Rumah Tangga yang berprestasi karena bidang yang ia tekuni di rumah. 

"You can be something if you want to do it. "

Tipsnya bagaimana? 
1. Kenali dulu, kelebihan diri itu dibidang apa ? Atau hobinya apa? Kalo moms keahliannyaa membuat makanan, moms bisa membuka usaha online. Atau gak punya modal? Moms bisa membuat konten resep2 masakan. Bisa moms posting di sosmed bahkan youtube. 
Kalo hobinya membaca, moms bisa menulis blog. Selain menambah daya ingat, menulis di blog juga menambah amal jariah kita berbagi ilmu kepada yang lain secata gratis tanpa terbatas ruang dan waktu. ☺

2. Kalo sudah tahu apa keahlian dan minatnya, buatlah kontennya. Kemudian ikut komunitas-komunitas di tempat sekitar/di sosial media. Sekarang udah banyak sekalo komunitas di sosmed yang gampang banget buat kita join. Di dalam komunitas itu gak cuma materi-materi webinar/kulwap kita dapetin. Tapi juga sering ada campaign2 yang bisa moms ikuti dan mendapatkan penghasilan dari join campaign tersebut. 

3. Ikut komunitas grup support sesuai dengan konten di sosmed mana yang ingin moms kembangkan. Kalau kontennya youtube, cari komunitas grup support sesama youtuber untuk saling support like, komen dan subscribe. Semakin banyak yang support akan semakin banyak yang view. Otomatis bisa menghasilkan cuan kan yaa ☺☺
Begitu juga untuk sosmed yang lain. Moms bisa tanya di komunitas moms yang tempati. 
4. Banyak berdoa kepada Allah swt karena balik lagi, yang membuka pintu rezeki adalah Yang Maha Kuasa. Dan yang memberkahinya juga Yang Maha Kuasa. Percuma saja nanti kita dapat cuan tapi gak berkah. Jadi tetep kita gak boleh berhenti berdoa untuk diberioan keberkahan setiap rezeki yang kita dapat. Baik dari suami ataupun dari pekerjaan sampingan kita menjadi freelancer. 

Saya menulis ini tidak bermaksud menggurui buat yang sudah lebih berpengalaman. Hanya membagikan pengalaman singkat saya, siapa tau ada mlms disana yang membutuhkan informasi ini. πŸ˜€
Semoga bermanfaat ya moms, pengalaman dan tips dari saya..☺
Moms yang lain mungkin bisa menambahkan ya tips berdaya dari rumaj, produktif dari rumah di kolom komentar yaa.. ❤❤

Terus kunjungi blog ini ya moms dan nantikan tulisan selanjutnya. 

You May Also Like

16 komentar

  1. Menulis di website berbayar bisa juga dicoba, walau masuk dalam kategori seleksi, atau jadi reseller produk-produk anak yang berkelanjutan, bisa dimulai tanpa modal, tapi harus rajin ngiklan. Atau jualan Logam Mulia, dimulai dari yang kecil 🀣
    Sebenarnya banyak banget ya, tinggal kita nya, mau atau tidak, cocok atau tidak, urusan Rezeqi memang sudah ada takarannya, tapi ada nilai Ikhtiar juga didalam nya..
    Thx yu mom sharing nya πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naahh inii tambahnnyaa.. Thankyouu mom ❤❤ semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran rezekinya yaa πŸ€“πŸ€“

      Hapus
  2. Yes, bener banget di rumah aja bukan berarti tidak produktif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes bener mom.. Di rumah aja buka berti gak bisa ngapa2in yaa

      Hapus
  3. Aku juga di masa pandemi ini jadi rajin nulis smpai gabung sama temen2 nulis beberapa buku antologi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seru nih mom... Boleh dong ikutsn gabung juga 😍

      Hapus
  4. Wah bener bgt mom, aku juga lagi ikut reseller gitu lumayan lah🀭

    BalasHapus
  5. Banyak bgt sebetulnya yang bs dilakukan ya. Tergantung kita sendiri mau gerak atau engga 😍

    BalasHapus
  6. Dirumahpun tetep produktif yah.. menginspirasi sekali mom 😍

    BalasHapus
  7. Semangatt mom.. aku msh insolasi mandiri. Jd fokus ke kesehatan dlu..

    BalasHapus
  8. Bener banget selama pandemi berusaha untuk produktif walau dari rumah, memang lebih ribet tapi itu lah jadi gak bosen di rumah aja hehehe

    BalasHapus
  9. Cari kesibukan dirumah aja yg penting happy .. jaga kewarasan emak emak .. tetap semangat mak *ami.nichan

    BalasHapus
  10. Semangat berkarya ya mom, dan di jauhkan dri writer blok😁

    BalasHapus
  11. Semangat berkarya mom.. kita walau di rumah aja pasti bisa melahirkan karyaπŸ€—

    BalasHapus
  12. Bener banget nii.. Ternyata menemukan keahlian selain mengajar juga berdagang.. Kwkw

    Lumayan sih buat jajan..

    Daripada ngabisin uang, begini jan produktif..

    BalasHapus
  13. Iya mak aku dirumah aja kalo produktif mah pumayan buat nambah² uang jajan ama belanja

    BalasHapus