SHARING PERLENGKAPAN BABY NEWBORN

by - April 11, 2021

     
Sudah 1 tahun tidak terasa semenjak Anakku lahir. Masih selalu dalam ingatan dulu mulai hamil 5 bulan udah gak sabar setiap liat perlengkapan bayi mau beli, namun sesuai adatnya yang konon katanya, kalo belanja perlengkapan bayi harus di usia 7 bulan ke atas.  Perlengkapan bayi ini kalau mau dibeli semua banyak banget moms.. Dan gak terasa kantong juga bisa kering kalo kita gak pinter pilih-pilih mana yang primer , dan mana yang sekunder. 

    source from google

Karena itu, saya mau nulis ini siapa tau bisa membantu moms untuk mempersiapkan perlengkapan kelahiran anak pertamanya sekalian untuk nostalgia perlengkapan newborn audia kemarin. 
Langsung saja ya moms.. 
Check this out ✅

1. 1 Set Tempat tidur bayi (Bantal, Guling, Kelambu) 
✅ Berdasarkan cerita temen-temen saya yang udah punya anak, mereka selalu nyaranin beli yang biasa saja yang penting nyaman untuk babynya tidur karena dipakainya gak lama tuh.. Jadi kemarin audi beli yang biasa aja bahkan kasurnya bisa di angkat papanya kalo mau gendong-gendong diayun buat gantian, diangkat sama kasur-kasurnya hehehe. 
✅ Perlak bayi. Untuk alas ganti popok 

2. Perlengkapan mandi (Handuk, Bak mandi, Sabun, Sampo, Baby Bather) 
✅ Untuk handuk cari yang bener-bener lembut ya moms karena ada handuk bayi yang masih kasar permukaannya. Kasihan nanti kulit babynya merah-merah.
✅ Bak mandi silahkan cari sesuai kebutuhan saja. 
✅ Sabun, pada saat NB bayi pasti sensitif banget sama yang namanya sabun dan sampo. Muncul ruam-ruam itu wajar. Kalo saran temen-temen kebanyakan untuk bayi yang alergi pake lactacyd baby aja. Gak perlu lagi juga pake baby oil. Karena kebanyakan bayi juga gak cocok pake baby oil. (bukan Promosi ini ya) 
Tapi merk-merk lain juga bagus. Audia dari newborn pake cussons, agak gak cocok pake sabun my baby. Cocoknya pakai zwitsal. 
✅ Sampo. Begitu juga sampo. Silahkan beli yang kemasan pack kecil dulu ya untuk tester apakah baby cocok apa enggak. Takutnya udah beli kemasan yang besar si baby malah gak cocok pakenya. 
✅ Baby Bather. Buat New Mom yang masih takut-takut mandiin bayi, gapapa siapin aja baby bather. Kalo saya gak pernah pake dari awal NB langsung mandiin aja walaupun awal-awal masih harus didampingin. 
✅ Wash Lap untuk mandiin bayi atau membersihkan Badan bayi kalau pup

3. Perlengkapan Kesehatan Baby (Minyak Telon, Krim kulit (untuk ruam dan alergi),  Termometer, Potong Kuku
✅ Audia awal-awal dulu minyak telonnya pake cussons baunya strong. Kemudian ganti ke Minyak Telon My Baby. So far dia sampe sekarang cocok. 
✅ Krim Ruam pake Sudocream. Menurutku ini worth it banget. Harganya lumayan sih tapi isinya banyak sampe sekarang masih belum habis-habis 1 botolnya. Terus cepet banget meredakan ruam popok. 
✅ Tissue basah dan kering
✅ Sedotan Ingus 
✅ Cotton Bud Bayi
✅ Kapas
✅ Plester Demam untuk bayi

4. Pakaian Bayi
✅ Keranjang Baju atau Lemari/rak baju bayi
✅ Baju Lengan Panjang
✅ Baju Lengan Pendek
✅ Celana Panjang
✅ Celana Pendek
✅ Kaos dalam belum perlu kalo NB
✅ Gurira gak usah banyak-banyak. Pakainya cuma. Sebentar
✅ Bedong bayi kalo pake popok sekali pakai gak perlu banyak-banyak juga. Tapi kalo pake popoknkain siapin kurang lebih 2 lusin ya  karena baby pipis terus moms.. 
✅ Popok bayi (Kain atau Sekali Pakai) 
✅ Kaos Kaki
✅ Sarung Tangan
✅ Topi Baby NB juga gak usah banyak-banyak.. Gak kepake sih Audia kemarin karena kepalanya cpeet besar dan gak muat lagi sudah. 
✅ Selimut Bayi usahakn punya lebih dari 1 moms buat ganti-gantian kalo babynya mau diajak pergi keluar
✅ Gendongan Bayi. Dari dulu memang kain gendong jarik lebih nyaman yaa menurut saya. Walaupun awalnya gak bisa pake. Gendongan Kaos, Ringsling dll jiga oke kalo moms lebih nyaman pakainya. 
✅ Penutup mata buat bayi dijemur

5. Anting-anting buat anak cewek. 
Terinsipirasi dari youtubenya salah satu artis, katanya lebih baik bayi ditindik sebelum usia 40 hari biar gak sakit karena masih lembut kulitnya. Jadi saran sih baiknya memang begitu, Walaupun rada gak tega tapi kalo udah gede malah kasihan pasti lebih sakit lagi. 

6. Perlengkapan Cucian Baju
✅ Deterjen untuk bayi. Ada beberapa merk yang udah di coba sih mulai dari sleek, mama's choice, Cusson, My baby dll. Kalo jujur saya lebih suka pakai yang Mama's Choice. Karena harumnya tea tree oil seger banget terus membantu buat bersihin noda-noda dipakaian bayi lebih cepat. (Bukan Promosi, pengalaman pribadi) 
✅  Pembersih Dot dan Sikat Dot

7. Pompa Asi, Plastik/botol penyimpanan ASI. 

8. Dot/ Cup Feeder. Untuk dot pilih yang khusus 0+ month ya moms. Karena bentuk lubangnya berbeda. 
Dan pastikan juga tidak membuat bayi kholik

9.Pembalut khusus Melahirkan karena bentuk beda sama pembalut untuk haid. Bisa menampung dan menyerap lebih banyak darah nifas. 

10. Kain Jarik untuk melahirkan

Nah itu tadi perlengkapan yang masih saya ingat saat mempersiapkan kelahiran Audia. Semoga bisa membantu moms yang sedang menanti kelahiran buah hati ya. 
๐Ÿงก๐Ÿงก๐Ÿงก

Buat moms yang mau menambahkan boleh banget ya ditulis di kolom komentar. ๐Ÿงก


You May Also Like

20 komentar

  1. Thanks mom sharingnya, aku tuh kadang ada aja yg lupa klu udh pas hari H, lupa beli ini lah. Tp untungnya punya suami siaga, jd dia yg selalu mondar mandir kesana kemari beli perlengkapan baby yg kurang ๐Ÿ’•

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiknyaaa .. Memang dukungan suami itu penting ya momm ☺

      Hapus
  2. Wah persiapan buat anak kedua nanti nih. Thankyou mom!

    BalasHapus
  3. Bener banget nih..dulu aku juga gitu ..anak pertama apa aja mau dibeli...pas udah waktunya 7bln buat beli²an aku gg tau harus beli apa aja...ijin save ya mom..tq infonya ๐Ÿค—

    BalasHapus
  4. Makasiih mom sharingnya bermanfaat banget ๐Ÿฅฐ

    BalasHapus
  5. Ngebantu banget buat mommy newbie nih ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. Kalau aku tambah 1 lagi mbak, kan setelah lahiran perut jadi gitu2 ya oyak ayik gitu jadi pake kemben kalau namnya dikampung (buat ngencengin perut) semacam Korset tapi ini bentuknya panjang banget seperti selendang tapi kuat jadi pakainya kita gulung2in ke perut kita biar singset. Enak bgt pake kemben itu, ngerasa perutnya kuat gak gombyor2 lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mom.. Korset yaa.. Lupa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  7. Kalau aku tambah 1 lagi mbak, kan setelah lahiran perut jadi gitu2 ya oyak ayik gitu jadi pake kemben kalau namnya dikampung (buat ngencengin perut) semacam Korset tapi ini bentuknya panjang banget seperti selendang tapi kuat jadi pakainya kita gulung2in ke perut kita biar singset. Enak bgt pake kemben itu, ngerasa perutnya kuat gak gombyor2 lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya betull.. Korset ya buat ibunya kelupaan.. Thx momm

      Hapus
  8. Lengkap sekali ini jadi inget pas anak pertama, setelah anak kedua lebih santai lagi karena sebagian besar sudah ada hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya betul mom.. Cm tinggal nmbh2in dikit yaa

      Hapus
  9. Ternyata banyak sekali ya yang harus saya pelajari, thanks sharing ilmunya

    BalasHapus
  10. Jadi inget kmrn bikin list blanja buat si adek.. daan tetep aja ada yg lupa haha.. seru tapi ๐Ÿค—

    BalasHapus
  11. Cocok banget buat new mom nih, biar engga binggung musti siapin apa aja

    BalasHapus
  12. Lengkap banget! Thankyou momm

    BalasHapus
  13. ๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿค—

    BalasHapus