MENGENAL MICROTIA

by - Maret 30, 2021

Halo semua.. 

Kali ini aku mau sharing nih, aku habis sharing sama temenku di salah satu komunitas. Kebetulan beliau memiliki anak yang mempunyai cacat bawaan lahir namanya "Microtia". 
Aku juga baru pertama kali nih denger nama kelainan ini, makanya kali ini aku angkat tulisan ke dalam blog. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua ya. 

MICROTIA adalah kelainan bawaan lahir yang menyebabkan bayi terlahir dengan bentuk daun telinga yang tidak normal. Sebagian besar penderita mikrotia akan mengalami gangguan pendengaran. Sebenarnya, apa yang menyebabkan mikrotia dan apakah kondisi ini bisa diobati?

Menurut sumber alodokter, 
Mikrotia dapat terjadi ketika terdapat kelainan atau mutasi genetik pada janin di dalam kandungan yang membuat bentuk telinganya bermasalah. Kelainan genetik ini bisa saja terjadi meskipun kedua orang tua bayi tidak memiliki masalah genetik.

Selain itu, mikrotia juga diduga memiliki keterkaitan dengan kelainan genetik yang memengaruhi perkembangan bentuk wajah, seperti:
 ๐Ÿงก Sindrom Goldenhar, yaitu penyakit genetik yang
menyebabkan bayi terlahir dengan bentuk telinga, hidung, bibir, dan rahang yang tidak sempurna.

๐Ÿงก Sindrom Treacher Collins, yaitu kondisi yang memengaruhi bentuk tulang pipi, rahang dan dagu.

๐Ÿงก Hemifacial Microsomia, yaitu kelainan yang ditandai dengan salah satu sisi bagian wajah bawah tidak normal.

Microtia juga rentan dialami bayi yang ibunya memiliki riwayat berikut:
Meskipun mikrotia salah satu penyakit langka yang bisa menyerang 1 dari 8000 kelahiran bayi. Kita perlu mewaspadai kesehatan bayi saat di dalam kandungan. Memperhatikan pola makan dan hidup sehat saat hamil mampu menurunkan resiko cacat lahir pada  bayi. Wallahualam. Bishawaf.. 

Sedikit info tentang mikrotia ini ya moms.. Semoga bisa membantu. 

You May Also Like

4 komentar

  1. Udah sering lihat tp baru tau nama dan detil nya

    BalasHapus
  2. Serius aku baru tau mom .. tingkyu infonyaaa yah ❤️❤️

    BalasHapus