Kenapa Sih Jendela Pesawat Terbang Bentuknya Bulat atau Oval? Kenapa gak kotak aja kan lebih simple ?

by - Januari 05, 2021

Siapa nih yang suka banget bepergian naik pesawat terbang? Pastinya yang biasa bolak balik naik pesawat udah hapal banget ya bentuk-bentuk, body dan segala ornamen di dalam pesawat. Apalagi yang suka banget duduknya milih deket jendela. Biar bisa liat pemandangan bumi dari ketinggian 😄. 

Saat lagi melamun-melamun galau di samping jendela pesawat terbang pernah gak kepikiran, kenapa yaa jendelanya didesain gini? Kenapa gak bentuk lainnya? 

Nah readers, semua yang ada di dalam pesawat itu sudah didesain sedemikian rupa untuk keamanan pesawat itu sendiri saat terbang, saking detilnya bentuk jendela pun gak bisa dibuat asal-asalan.. 

Masih dari buku "Mikrajuddin Abdullah" karena yang nulis ini suka banget baca buku beliau. Ada beberapa alasan Sainsnya kenapa bentuk jendela pesawat itu oval atau bulat. 

Awalnya pesawat komersial memiliki jendela berbentuk segiempat karena desain yang mudah. Namun, terjadi banyak sekali kecelakaan saat pesawat sedang terbang. Kecelakaan yang terkenal adalah yang terjadi pada pesawat de Havilland DH.106 Comet 1 dengan nomor penerbangan 781 milik British Overseas Airways Corporation. Pesawat tersebut meledak di atas laut Mediterania tanggal 10 Januari 1954. Semua penumpang pesawat meninggal. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa desain Jendela yang berbentuk segiempat sebagai penyebab terjadinya kecelakaan.


Lubang jendela pada body pesawat yang berbentuk segi empat menghasilkan konsentrasi tegangan (stress) yang sangat besar pada sudut lubang (karena runcing). Tekanan dalam kabin yang lebih besar daripada tekanan udara luar mendorong dinding pesawat ke arah luar. Akibat dorongan tersebut maka terjadi konsentrasi (peningkatan) stress pada lubang-lubang yang ada di body (termasuk lubang jendela atau retakan pada body). Makin runcing lubang maka makin besar konsentrasi stress di situ. Akibatnya, retakan dapat merambat dengan cepat dan body pesawat. 

Pada akhirnya, desain jendela pesawat diubah. Tidak lagi mengandung bagian yang runcing. Dan sekarang jendela pesawat berbentuk lingkaran atau oval. Dengan dersain ini maka stress pada lubang jendela tersebar hampir merata dan tidak ada lokasi yang memiliki stress terlampau tinggi. 


Nah itulah alasannya mengapa jendela pesawat dibuatnya tidak runcing dibaguan sudut-sudutnya. Jadi, kalo kalian naik pesawat dengan bentuk jendelanya segiempat harap waspada ya ☺☺. 

You May Also Like

2 komentar